Intan Nirmala Hasibuan, S.Si., M. Pd
CGP Recognisi
Guru SMP Negeri 3 Banda Aceh
Latar belakang
Sekolah
sebagai sebuah institusi tentunya memiliki visi sekolah yang salah satunya
adalah menciptakan peserta didik yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Untuk
dapat mencapai visi tersebut dibutuhkan sebuah lingkungan belajar yang kondusif,
aman, nyaman, menyenangkan bagi seluruh warga sekolah. Untuk mewujudkan hal tersebut
dibutuhkan kesadaran warga sekolah untuk
menumbuhkembangkan dan menerapkan budaya positif. Budaya positif merupakan
perilaku positif dari seluruh warga sekolah untuk dikembangkan menjadi kebiasaan- kebiasaan positif yang dilakukan secara
berkesinambungan.
Penerapan
budaya positif di sekolah sebenarnya bukanlah perkara mudah, namun bukan pula
hal yang tidak mungkin terjadi. Pemahaman, kemauan, kesadaran dan komitmen seluruh
warga sekolah untuk bertanggung jawab demi berjalannya budaya positif sangatlah
dibutuhkan. Terus belajar dan mau melakukan perubahan-perubahan disana-sini seiring pemahaman tentang arti
sebenarnya dari budaya positif/disiplin positif. Budaya positif tentunya tidak hadir secara serta
merta namun diupayakan untuk dapat terwujud, dirawat, dievaluasi penegakannya
sehingga yang belum berjalan baik dapat di perbaiki dimasa yang akan datang.
Aksi
Nyata
SMP Negeri 3 Banda Aceh merupakan salah satu dari sekolah jenjang
SMP yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara mandiri. Dari tiga
pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri, SMP Negeri 3 Banda
Aceh memilih jalur Mandiri Berubah. Mandiri Berubah memberikan keleluasaan
kepada satuan pendidikan untuk secara penuh menerapkan Kurikulum Merdeka. Pada
Kurikulum Merdeka terdapat Profil Pelajar Pancasila
yang merupakan wadah pembentukan karakter sehingga terwujud pelajar Indonesia
yang mempunyai kemampuan global serta perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
Penerapan Kurikulum Merdeka di SMPN 3 ini secara penuh adalah di jenjang kelas VII. Untuk jenjang kelas VIII dan IX masih melanjutkan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013. Namun sebenarnya alangkah baiknya jika kelas VIII dan IX sebagai warga sekolah juga memiliki pengetahuan, pemahaman sehinngga juga dapat turut serta menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila ini dalam kehidupannya dimasa yang akan datang. Walaupun memang sebenarnya mereka akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan menerapkannya di jenjang sekolah yang lebih tinggi nanti.
Kesadaran bahwa budaya positif dapat diwujudkan dengan menerapkan Profil Pelajar Pancasila dalam diri seluruh warga sekolah menjadi alasan saya untuk berinisiatif untuk memperkenalkan karakter Profil Pelajar Pancasil. Profil Pelajar Pancasila sendiri adalah wujud budaya positif karena memuat nilai kebajikan universal yang akan membentuk karakter positif bagi seluruh warga sekolah.
Untuk dapat memfasilitasi pengenalan, pemahaman Profil Pelajar Pancasila bagi seluruh warga sekolah dibutuhkan suatu wadah untuk mengsosialisasikan dan menginformasikannya pada seluruh warga sekolah. Salah satu kegiatan yang dapat memperkenalkan dan menamkan karakter Profil Pelajar Pancasila yang dapat menjangkau seluruh warga sekolah adalah melalui kegiatan Upacara Bendera.
Berikut tujuan, lini masa, dukungan yang dibutuhkan serta tolak
ukur/indikator keberhasilan dari kegiatan penumbuhan disiplin positif pada
pelaksanaan Upacara Bendera terintegrasi penguatan Profil Pelajar Pancasila
Tujuan
Memperkenalkan Profil Pelajar Pancasila kepada warga sekolah melalui pengucapa teks Profil Pelajar Pancasila
Memberikan pemahaman tentang makna 6 Dimensi, elemen dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila melalui amanat pembina upacara bendera
Menyelenggarakan upacara Bendera yang tertib dan khidmad
1. Berkoordinasi dengan kepala sekolah
Bermusyawarah mufakat dalam kegiatan rapat rutin sekolah tentang pelaksanaan upacara terintegrasi penguatan Profil Pelajar Pancasila
Menyusun tata tertib upacara dengan memasukkan pengucapan teks Profil Pelajar Pancasila oleh seluruh peserta upacara
Melatih
siswa untuk membacakan teks Profil Pelajar Pancasila
Melakukan evaluasi
Dukungan yang dibutuhkan:
- Pihak yang terlibat (kepala sekolah, wakil kelas, guru, murid
- Literatur tentang Profil Pelajar Pancasila
Cara mendapatkan yang dibutuhkan:
- Mengajukan permohonan izin secara lisan kepada pimpinan sekolah untuk
- memberikan izin kepada pihak yang terlibat dalam kegiatan aksi nyata.
- Mengajukan kesediaan secara lisan kepada pihak-pihak yang akan terlibat.
Tolak Ukur
1. Warga sekolah
mampu mengucapkan 6 dimensi
2. Warga sekolah memahami memaknai 6 Dimensi, elemen dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila sehingga terbentuk karakter Profil Pelajar Pancasila
3. Upacara bendera semakin berjalan tertib dan khidmad
Adapun Aksinyata yang dilakukan selengkapnya dapat dilihat di video berikut
Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar