Kamis, 25 Agustus 2022

Penumbuhan Disiplin Positif Pada Pelaksanaan Upacara Bendera Terintegrasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila

                                            

                                    Intan Nirmala Hasibuan, S.Si., M. Pd

CGP Recognisi

Guru SMP Negeri 3 Banda Aceh

Latar belakang

Sekolah sebagai sebuah institusi tentunya memiliki visi sekolah yang salah satunya adalah menciptakan peserta didik yang memiliki Profil Pelajar Pancasila. Untuk dapat mencapai visi tersebut dibutuhkan sebuah lingkungan belajar yang kondusif, aman, nyaman, menyenangkan bagi seluruh warga sekolah. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan  kesadaran warga sekolah untuk menumbuhkembangkan dan menerapkan budaya positif. Budaya positif merupakan perilaku positif dari seluruh warga sekolah untuk dikembangkan menjadi  kebiasaan- kebiasaan positif yang dilakukan secara berkesinambungan.

Penerapan budaya positif di sekolah sebenarnya bukanlah perkara mudah, namun bukan pula hal yang tidak mungkin terjadi. Pemahaman, kemauan, kesadaran dan komitmen seluruh warga sekolah untuk bertanggung jawab demi berjalannya budaya positif sangatlah dibutuhkan. Terus belajar dan mau melakukan perubahan-perubahan  disana-sini seiring pemahaman tentang arti sebenarnya dari budaya positif/disiplin positif.  Budaya positif tentunya tidak hadir secara serta merta namun diupayakan untuk dapat terwujud, dirawat, dievaluasi penegakannya sehingga yang belum berjalan baik dapat di perbaiki dimasa yang akan datang. 

Aksi Nyata

SMP Negeri 3 Banda Aceh merupakan salah satu dari sekolah jenjang SMP yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara mandiri. Dari tiga pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) secara mandiri, SMP Negeri 3 Banda Aceh memilih jalur Mandiri Berubah. Mandiri Berubah memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk secara penuh menerapkan Kurikulum Merdeka. Pada Kurikulum Merdeka terdapat Profil Pelajar Pancasila yang merupakan wadah pembentukan karakter sehingga terwujud pelajar Indonesia yang mempunyai kemampuan global serta perilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.













Penerapan Kurikulum Merdeka di SMPN 3 ini secara penuh  adalah di jenjang kelas VII. Untuk jenjang kelas VIII dan IX masih melanjutkan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013.  Namun sebenarnya alangkah baiknya jika kelas VIII dan IX sebagai warga sekolah juga memiliki pengetahuan, pemahaman sehinngga juga dapat turut serta menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila ini dalam kehidupannya dimasa yang akan datang. Walaupun memang sebenarnya mereka akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan menerapkannya di jenjang sekolah yang lebih tinggi nanti. 

Kesadaran bahwa budaya positif dapat diwujudkan dengan menerapkan Profil Pelajar Pancasila dalam diri seluruh warga sekolah menjadi alasan saya untuk berinisiatif untuk memperkenalkan karakter Profil Pelajar Pancasil. Profil Pelajar Pancasila sendiri adalah wujud budaya positif karena memuat nilai kebajikan universal yang akan membentuk karakter positif bagi seluruh warga sekolah.

 Untuk dapat memfasilitasi pengenalan, pemahaman  Profil Pelajar Pancasila bagi seluruh warga sekolah dibutuhkan suatu wadah untuk mengsosialisasikan dan menginformasikannya pada seluruh warga sekolah. Salah satu kegiatan yang dapat memperkenalkan dan menamkan karakter Profil Pelajar Pancasila yang dapat menjangkau seluruh warga sekolah adalah melalui kegiatan Upacara Bendera.

Berikut tujuan, lini masa, dukungan yang dibutuhkan serta tolak ukur/indikator keberhasilan dari kegiatan penumbuhan disiplin positif pada pelaksanaan Upacara Bendera terintegrasi penguatan Profil Pelajar Pancasila

Tujuan

Memperkenalkan Profil Pelajar Pancasila kepada warga sekolah melalui pengucapa teks Profil Pelajar Pancasila

Memberikan pemahaman tentang makna 6 Dimensi, elemen dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila melalui amanat pembina upacara bendera

Menyelenggarakan upacara Bendera yang tertib dan khidmad

 Linimasa tindakan yang akan di lakukan 

1.  Berkoordinasi dengan kepala sekolah

Bermusyawarah mufakat dalam kegiatan rapat rutin sekolah tentang pelaksanaan upacara terintegrasi penguatan Profil Pelajar Pancasila

Menyusun tata tertib upacara dengan memasukkan pengucapan teks Profil  Pelajar Pancasila oleh seluruh peserta upacara

Melatih siswa untuk membacakan teks Profil Pelajar Pancasila

Membantu rekan-rekan guru mempersiapkan materi amanat yang mengangkat topik seputar pemahaman Profil Pelajar Pancasila

Melakukan Pelaksanaan kegiatan Upacara Bendera terintegrasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila



Melakukan evaluasi

Dukungan yang dibutuhkan:

  •       Pihak yang terlibat (kepala sekolah, wakil kelas, guru, murid
  •       Literatur tentang Profil Pelajar Pancasila

Cara mendapatkan yang dibutuhkan:

  •      Mengajukan permohonan izin secara lisan kepada pimpinan sekolah untuk
  •      memberikan izin kepada pihak yang terlibat dalam kegiatan aksi nyata.
  •      Mengajukan kesediaan secara lisan kepada pihak-pihak yang akan terlibat.

Tolak Ukur

1.  Warga sekolah mampu mengucapkan 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila

2. Warga sekolah memahami memaknai 6 Dimensi, elemen dan sub elemen Profil Pelajar Pancasila sehingga terbentuk karakter Profil Pelajar Pancasila

3.  Upacara bendera semakin berjalan tertib dan khidmad

Adapun Aksinyata yang dilakukan selengkapnya dapat dilihat di video berikut 


Terimakasih 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya