Jumat, 16 Januari 2015

ADAPTASI MAKHLUK HIDUP

" dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, Maka sebagian dari hewan itu   ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang      sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang   dikehendaki-Nya, Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu 
                                                         (Qs.An Nur :45)



Adaptasi adalah : kemampuan atau kecenderungan makhluk hidup dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru untuk dapat tetap hidup dengan baik.

Jenis-Jenis Dan Macam-Macam Adaptasi

1. Adaptasi Morfologi
Adaptasi morfologi adalah penyesuaian pada organ tubuh yang disesuaikan dengan kebutuhan organisme hidup. Misalnya seperti gigi singa, harimau, citah, macan, dan sebagainya yang runcing dan tajam untuk makan daging. Sedangkan pada gigi sapi, kambing, kerbau, biri-biri, domba dan lain sebagainya tidak runcing dan tajam karena giginya lebih banyak dipakai untuk memotong rumput atau daun dan mengunyah makanan.

Contoh adaptasi morfologi pada hewan :

Beragam bentuk paruh burung sesuai dengan makanannya 



Tipe mulut pada serangga 


Adaptasi morfologi pada Tumbuhan  :

1. Tumbuhan Hydrophyta (Air)
gelembung pada enceng gondok memungkinkan tumbuhan ini terapung 
bentuk daun pipih dan lebar sehingga memiliki stomata yang banyak sehingga mempermudah penguapan 
2. Tumbuhan Hygrophyta (lembab)

bentuk daun yang lebar memiliki stomata banyak dan batang juga menyimpan air 
3.Tumbuhan Xerophyta (kering)
daun bermodifikasi menjadi duri untuk mengurangi penguapan
2. Adaptasi Fisiologi

Adaptasi fisiologi adalah penyesuaian yang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar yang menyebabkan adanya penyesuaian pada alat-alat tubuh untuk mempertahankan hidup dengan baik.





Ikan air laut mempunyai cairan tubuh berkadar garam lebih rendah dibandingkan kadar garam di lingkungannya. Ikan tersebut beradaptasi dengan cara selalu minum dan mengeluarkan urine sangat sedikit dan pekat Hal itu bertujuan untuk menjaga jumlah cairan yang berada di sel-sel tubuhnya. Garam yang masuk bersama air akan dikeluarkan secara aktif melalui insang.
Tekanan osmosis sel-sel tubuh ikan air tawar lebih tinggi dibandingkan tekanan osmosis air di lingkungannya, karena kadar garam sel tubuh ikan air tawar lebih tinggi daripada kadar garam air lingkungannya. Menurut hokum osmosis, larutan akan berpindah dari yang bertekanan osmosis rendah (encer) ke larutan yang bertekanan osmosis tinggi (pekat). Dengan demikian banyak air yang masuk ke tubuh ikan melalui selsel tubuh ikan. Untuk menjaga agar cairan tubuhnya tetap seimbang, ikan air tawar tersebut beradaptasi dengan cara sedikit minum dan mengeluarkan banyak urine dan encer.


Bagarius Yarrelli sering juga disebut "River Yeti" atau yeti yang berada di sungai. ikan ini diceritakan oleh warga sekitar kalau pernah memakan manusia.
(http://tamanbacaanblog.blogspot.com/2011/01/ikan-raksasa-air-tawar-yang-terancam.html ) 
Unta memiliki  kantung air di punuknya untuk menyimpan air agar tahan tidak minum di padang pasir dalam jangka waktu yang lama


Anjing laut yang memiliki lapisan lemak yang tebal untuk bertahan di daerah dingin.
Teredo Navalis 
Mollusca yang biasa hidup pada kayu galangan kapal, kayu tiang-tiang pelabuhan dapat merusak kayu karena makanannya berupa kayu. Di dalam saluran pencernaan Teredo terdapat enzim selulase untuk membantu menguraikan selulose yang ada pada kayu yang menjadi makanannya.
Teredo navalis




Salah satu contoh adaptasi fisiologis lainnya adalah adaptasi kadar haemoglobin manusia terhadap kadar oksigen di dataran rendah dan tinggi.
Sebuah desa di Italia
Tinggi rendahnya daratan berpengaruh pada jumlah/kadar oksigen. makin tinggi suatu tempat maka jumlah oksigen semakin berkurang
Darah merah manusia manusia memiliki kemampuan beradaptasi dengan keadaan daerah tempat hidupnya manusia yang hidup di daerah pantai memiliki kadar haemoglobin yang lebih rendah dari manusia yang hidup di pegunungan dan sebaliknya.
Bagaimana cara beradaptasi jika manusia di dataran rendah ke pegunungan Agar tetap bertahan? 




Oksigen diperlukan tubuh untuk oksidasi makanan, di dalam tubuh oksigen diikat oleh hemoglobin yang ada di dalam sel darah merah (eritrosit), maka orang yang berpindah dari dataran rendah ke dataran tinggi harus mampu menyesuaikan diri dengan memproduksi hemoglobin atau eritrosit yang jumlahnya lebih banyak agar tetap dapat bertahan hidup.

3. Adaptasi Tingkah Laku

Adaptasi tingkah laku adalah penyesuaian mahkluk hidup pada tingkah laku / perilaku terhadap lingkungannya bertujuan untuk dapat bertahan hidup dari kondisi lingkungan yang mungkin kurang menguntungkan.  seperti pada binatang bunglon yang dapat berubah warna kulit sesuai dengan warna yang ada di lingkungan sekitarnya dengan tujuan untuk menyembunyikan diri.
berikut beberapa bentuk adaptasi tingkah laku (behavioral adaptation) pada binatang / hewan di sekitar kita .

Hibernasi

Hibernasi adalah teknik bertahan hidup pada lingkungan yang keras dengan cara tidur menonaktifkan dirinya (dorman). Hibernasi bisa berlangsung lama secara berbulan-bulan seperti beruang pada musim dingin. Hibernasi biasanya membutuhkan energi yang sedikit, karena selama masa itu biantang yang berhibernasi akan memiliki suhu tubuh yang rendah, detak jantung yang lambat, pernapasan yang lambat, dan lain-lain. Binatang tersebut akan kembali aktif atau bangun setelah masa sulit terlewati. Contoh hewan yang berhibernasi yaitu seperti ular, ikan, beruang, kura-kura, bengkarung, dan lain-lain.


beruang kutub

Mimikri
Mimikri adalah teknik manipulasi warna kulit pada binatang seperti misalnya bunglon yang dapat berubah-ubah sesuai warna benda di sekitarnya agar dapat mengelabuhi binatang predator / pemangsa sehingga sulit mendeteksi keberadaan bunglon untuk dimangsa. Jika bunglon dekat dengan dedaunan hijau maka dia akan berubah warna kulit menjadi hijau, jika dekat batang pohon warna coklat, dia juga ikut ganti warna menjadi coklat, dan lain sebagainya.








( foto http://flickrhivemind.net )




Autotomi
Autotomi adalah teknik bertahan hidup dengan cara mengorbankan salah satu bagian tubuh. Contoh autotomi yaitu pada cicak / cecak yang biasa hidup di dinding rumah, pohon, dll. Cicak jika merasa terancam ia akan tega memutuskan ekornya sendiri untuk kabur dari sergapan musuh. Ekor yang putus akan melakukan gerakan-gerakan yang cukup menarik perhatian sehingga perhatian pemangsa akan fokus ke ekor yang putus, sehingga cicak pun bisa kabur dengan lebih leluasa.





Estivasi


Estivasi adalah menonaktivkan diri (dorman) pada saat kondisi lingkungan tidak bersahabat. Bedanya dengan hibernasi adalah di mana pada estivasi dilakukan pada musim panas dengan suhu udara yang panas dan kering. Hewan-hewan seperti kelelawar, tupai, lemur kerdil, dll akan mengestivasi diri di tempat yang aman dan terlindung. Pada tumbuhan estivasi juga dilakukan oleh oleh pohon jati dengan meranggas atau menggugurkan daun.

Simbiosis Rayap dan Flagellata


Induk Rayap dan anaknya 

Rayap membutuhkan bantuan makhluk hidup lainnya yaitu flagelata untuk mencerna kayu yang ada di dalam usus rayap. Tanpa flagellata rayap tidak akan mampu mencerna kayu yang masuk ke dalam tubuhnya. Rayap-rayap kecil yang baru menetas mendapatkan flagellata dengan jalan menjilat dubur rayap dewasa. Rayap secara periodik melakukan aktivitas ganti kulit dan meninggalkan bagian usus lama, sehingga rayap akan memakan kulit yang mengelupas untuk memasukkan kembali flagellata ke dalam usus pencernaannya. 



Pernapasan Ikan Paus

Ikan paus adalah mamalia yang mirip ikan dan hidup di air. Paus memiliki paru-paru yang harus diisi dengan oksigen dari permukaan laut minimal setiap setangah jam sekali. Ikan paus ketika muncuk ke permukaan akan membuang udara kotor lewat hidung mirip seperti air mancur yang berisi karbon dioksida bercampur uap air jenuh yang terkondensasi.

SELEKSI ALAM 

Seleksi alam pada Jerapah ( perbedaan teori Charles Darwin dan Jhon Baptist Lamarck )





Fenomena kupu- kupu Biston Bitularia di inggris sebelum dan sesudah Revolusi Industri di inggris kali ini ibu menyajikan materinya dalam bentuk komik dengan aplikasi http://www.toondoo.com/ walaupun hewannya bukan kupu-kupu, tapi gambar ini dapat mewakili pemahaman kamu untuk memahami  seleksi alam



Soal Latihan : 

Berikut ini merupakan contoh adaptasi:
1. semut memiliki tipe mulut penggigit
2. melebur dan menyempitnya pupil mata karena intensitas cahaya
3. paus muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen
4. herbivor memiliki enzim selulosa untuk mencerna daun
5. urin ikan air laut lebih pekat daripada urin ikan air tawar
6. kaktus memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan
Yang merupakan contoh adaptasi fisiologi adalah .......
A. 1, 2, 3                                                                              
B. 1, 3, 5 
C. 2, 4, 5                                                                          
D. 4, 5, 6

2. Perhatikan bentuk tipe mulut serangga berikut !
Tipe mulut penggigit pada serangga ditunjukkan dengan nomor ....
A. 1                                         C. 3
B. 2                                         D. 4

3. Pengertian adaptasi morfologi adalah ...
A. penyesuaian kerja tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya
B. penyesuaian tingkah laku makhluk hidup terhadap lingkungannya
C. penyesuaian bentuk alat-alat makhluk hidup terhadap lingkungannya
D. penyesuaian cara berkembang biak makhluk hidupterhadap lingkungannya

4. Bunglon bila dalam keadaan bahaya akan mengelabui musuhnya dengan cara….
A. mengubah warna tubuhnya sesuai lingkungannya
B. mengeluarkan bau badan yang sangat menyengat
C. memutuskan ekornya sendiri kemudian menghindar
D. berpura-pura mati dengan menggulungkan tubuhnya

5. Tujuan rayap memakan kembali kelupasan kulitnya adalah . . . .
A. untuk mendapatkan enzim
B. untuk pembuatan kulit luarnya
C. untuk mendapatkan makanannya
D. untuk mendapatkan hewan Flagellata

6. Perhatikan pernyataan berikut ini :
1) Belalang yang hidup di rumput berwarna hijau dapat bertahan hidup, sedangkan
    belalang yang berwarna kuning akan punah dimakan oleh pemangsanya.
2) Daun suatu tumbuhan seluruhnya berwarna hijau karena daun yang berwarna kuning telah gugur ditiup angin
3) Kupu-kupu Biston betularia yang hidup di Inggris setelah revolusi industri lebih banyak       populasinya dibanding yang berwarna hitam karena polusi asap menyamarkan pandangan pemangsanya.
4) Rumput dapat ditemui di mana-mana karena tumbuhan ini mudah menyesuaikan dir dengan lingkungannya.
Pernyataan yang sesuai dengan proses seleksi alam adalah ........
A. 1 dan 2                                                           C. 1 dan 3
B. 2 dan 3                                                           D. 2 dan 4

7. Diantara bentuk adaptasi berikut, yang termasuk ke dalam adaptasi morfologi adalah….
A. Daun xerofit ukurannya kecil dan bermodifikasi menjadi duri
B. Ikan dan katak bertelur di air
C. Penyerbukan bunga oleh angin
D. Tubuh cacing tanah berlendir

8. Ikan yang hidup di air laut dengan kadar garam tinggi beradaptasi dengan cara ...
A. banyak minum air, urine banyak, dan insang aktif mengikat garam
B. sedikit minum air, urine banyak, dan insang aktif mengikat garam.
C. banyak minum air, urine sedikit, dan insang aktif mengeluarkan garam
D. sedikit minum air, urine banyak, dan insang aktif mengeluarkan garam

9. Berikut ini merupakan contoh adaptasi :
1. semut memiliki tipe mulut penggigit
2. melebar dan menyempitnya pupil mata karena intensitas cahaya
3. paus muncul ke permukaan untuk mengambil oksigen
4. paruh burung berbeda sesuai jenis makanannya
5. urin ikan air laut lebih pekat daripada urin ikian air tawar
6. kaktus memiliki daun yang berbentuk duri untuk mengurangi penguapan

Yang merupakan contoh adaptasi morfologi adalah……
A. 1, 2, 3                                                     C. 1, 4, 6
B. 2, 4, 5                                                     D. 4, 5, 6

10.  Adaptasi pada makhluk hidup berfungsi untuk ….
a. mendapat ruang hidup yang lebih luas
b. dapat berkembang biak dengan baik
c. mempertahankan hidupnya lebih lama
d. mendapatkan cukup makanan yang sesuai

11. Salah satu bentuk adaptasi morfologi hewan yang hidup di air adalah ….
a. tubuhnya bersisik
b. berkembang biak dengan bertelur
c. alat geraknya berupa sirip
d. pembuahannya terjadi di luar tubuh

12. Adanya gelembung udara pada enceng gondok adalah contoh dari adaptasi ....
a. fisiologi
b. morfologi
c. tingkah laku
d. penyesuaian dengan lingkungan air

13. Di antara fenomena berikut yang bukan termasuk adaptasi adalah ….
a. taring harimau runcing dan tajam
b. anggota gerak depan burung berupa sayap
c. daun jagung berwarna putih atau albino
d. tanaman jati meranggas pada musim kemarau

14. Itik memiliki paruh seperti sekop. Hal ini merupakan adaptasi untuk ....
a. mempertahankan diri dari musuh
b. mengambil air dan menyesuaikan dengan lingkungannya
c. mendapatkan makanan yang cocok
d. menyesuaikan mengambil makanan dalam lumpur

15. Berikut adalah penyebab punahnya suatu makhluk hidup, kecuali ....
a. adanya perkembangbiakan rendah
b. adanya seleksi alam
c. rebutan makanan
d. bentuk organ sesuai dengan lingkungan

16. Hal berikut merupakan penyebab menurunnya tingkat populasi suatu makhluk hidup, kecuali....
a. perburuan oleh manusia
b. perubahan habitat
c. daya berkembang biak tinggi
d. daya berkembang biak rendah

17. Yang merupakan contoh adaptasi tingkah laku adalah ....
a. urine yang pekat pada ikan air laut
b. cicak memutuskan ekornya
c. rayap memerlukan enzim selulosa
d. kaktus mempunyai batang yang tebal

18 . Tumbuhan hidrofit mempunyai ciri sebagai berikut, kecuali . . . .
a. batang berongga
b. dinding sel kuat dan tebal
c. daun sempit dan tebal
d. daun lebar dan tipis

19.  perhatikan pernyataan berikut
1. ginjal aktif mengeluarkan urine pada udara dingin
2. cicak memutuskan ekornya
3. hewan herbivora memiliki enzim pencernaan
4. burung elang memiliki paruh yang kuat
Dari pernyataan di atas yang merupakancontoh adaptasi fisiologis adalah ….
A. 1 dan 3                                                  C. 3 dan 4
B. 2 dan 4                                                  D. 1 dan 4

20 Perhatikan pernyataan berikut
1. Herbivora mempunyai enzim selulase untuk membantu pencernaannya
2. Orang yang hidup di dataran tinggi memiliki hemoglobin lebih banyak
3. Mamalia laut sering bergerak ke permukaan air untuk megambil oksigen
4. Anak rayap menjilati dubur rayap dewasa untuk mendapatkan Flagellata
Pernyataan yang benar berkaitan dengan adaptasi fisiologi adalah nomor ….
A. 1 dan 2                                               C. 2 dan 3  
B. 1 dan 3                                               D. 2 dan 4

21 Adaptasi morfologi pada paus adalah ...
A. Berbulu pada bagian punggungnya
B. Tubuhnya fusiform – streamline
C. Sedikit minum sehingga urine encer
D. Bernapas dengan paru - paru

22. Orang yang hidup di daerah pegunungan memiliki jumlah sel darah merah lebih banyak untuk...
a.mengkat lebih banyak CO2
b.mengikat lebih banyak oksigen
c.mengeluarkan banyak keringat
d.mempercepat pencernaan makanan

23. Bentuk peruh burung yang panjang dan tebal menunjukan adanya adaptasi secara...
a.fisiologi
b.morfologi
c.tingkah laku
d.biologi

24. Kaktus menyesuaikan diri terhadap lingkungan panas dan kering di padang pasir dengan cara sebagai berikut,kecuali...
a.daunnya berbentuk duri
b.batangnya berklorofil
c.akarnya panjang
d.daunnya lebar

25 .Cara trenngiling melindungi diri dari musuhnya adalah...
a.mengeluarkan bau yang menyengat
b.menggulung tubuhnya hingga berbentuk bola
c.menyemburkan tinta
d.menyesuaikan warna kulit dengan tempatnya

26 .Agar organisme dapat bertahan hidup, maka organisme harus mampu melakukan..
a. adaptasi dan metamorfosis
b. Berkembangbiak dan metamorfosis
c. Seleksi alam dan reproduksi
d. Berkembangbiak dan adaptasi

27. Perhatikan pernyataan berikut!
1). Penyesuaian bentuk organ atau alat luar tubuh terhadap lingkungan
2). Penyesuaian berupa kebiasaan atau tingkah laku terhadap lingkungan
3). Penyesuaian fungsi kerja organ-organ faal tubuh terhadap lingkungan
Pernyataan di atas berturut-turut adalah pengertiaan dari adaptasi…
a. Morfologi, fisiologi, tingkah laku
b. Morfologi, tingkah laku, fisiologi
c. Fisiologi, tingkah laku, morfologi
d. Tingkah laku, fisiologi, morfologi

28. Contoh bentuk adaptasi morfologi pada tumbuhan adalah…
a. Gugurnya daun jati pada musim kemarau
b. Tumbuhan halofit memiliki akar tunjang
c. Terkulainya daun putri malu bila disentuh
d. Menutupnya daun Venus saat serangga hinggap

29. . Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut!
1. berdaun tipis dan lebar
2. Stomata banyak terdapat di epidermis atas daun
3. batang berongga untuk menyimpan udara
4. serta akar halus
Ciri-ciri tersebut dimiliki oleh tumbuhan…
a. higrofit
b. xerofit
c. hidrofit
d. liana

30. Tumbuhan berikut yang dapat hidup bebas di permukaan air yaitu….
a. Hydrilla dan Valisnaria
b. keladi dan Azzola pinnata
c. Kiambang dan Eceng gondok
d. Teratai dan Genjer

31. Kaktus merupakan tumbuhan xerofit melakukan adaptasi morfologi sebagai berikut, kecuali….
a. Stomata di epidermis bawah
b. Akar lebat, panjang dan menyebar luas
c. Memiliki jaringan spons untuk menyimpan air
d. Batang tebal mengandung lapisan lilin (kutikula)

32.Lebah memiliki tipe mulut………..
a. Penusuk dan penghisap
b. Penggigit
c. Pengisap
d. Pengisap dan penjilat

33. Berikut ini contoh adaptasi tingkah laku pada hewan, kecuali …
a. Burung merak memamerkan ekornya kepada penonton di kebun binatang
b. Rayap dewasa sering memakan kulit tubuhnya yang terkelupas karena mengandung flagellata
c. Kerbau sering berkubang saat udara panas untuk menjaga kulit tubuhnya agar lebih lunak
d. Indera penciuman yang tajam pada anjing sehingga dapat digunakan untuk melacak

34. Bentuk adaptasi tingkah laku yang dilakukan mamalia air adalah…
a. sering muncul ke permukaan untuk bernapas
b. alat gerak berubah menjadi sirip
c. bentuk tubuh streamline agar mudah bergerak
d. saat melahirkan anak ekornya keluar lebih dulu

35..Perhatikan fungsi sirip di bawah ini!
1. Membelokkan tubuh
2. Melindungi perut
3. Sebagai keseimbangan tubuh
4. Merayap di dasar
5. Berenang di air
6. Memeluk anaknya saat menyusui
Yang bukan Fungsi sirip dada pada duyung yaitu………
a. 1, 2 c. 2, 5
b. 1, 3 d. 2, 4

36.Adaptasi tingkah laku berupa tidur panjang pada hewan akibat pengaruh cuaca yaitu…
a. Hibernasi & gutasi
b. Gutasi & evaporasi
c. Hibernasi & estivasi
d. Estivasi & evaporasi

37..Contoh adaptasi fisiologi pada makhluk hidup yaitu….
a. Kebiasan tanaman Venus menangkap serangga
b. Anak rayap sering menjilati dubur induknya
c. Menggulungnya daun tanaman jagung saat siang hari
d. adanya saluran berkas pembuluh pada tumbuhan higrofit untuk peristiwa gutasi

38.Orang yang tinggal di daerah pegunungan mempunyai jumlah eritrosit lebih banyak dari orang yang tinggal di dataran rendah, hal ini dikarenakan…
a. mengalami adaptasi tingkah laku pada kadar oksigennya
b. mengalami adaptasi fisiologi karena menyangkut fungsi alat tubuh yaitu trombosit
c. mengalami adaptasi fisiologi karena menyangkut pengikatan O2 oleh eritrosit
d. mengalami adaptasi morfologi karena menyangkut jumlah sel darah

39.Mekanisme adaptasi ikan yang hidup di air tawar adalah…
a. sedikit minum dan kelebihan garam akan dikeluarkan melalui ginjal
b. sedikit minum dan kelebihan garam akan dikeluarkan melalui insang
c. banyak minum dan kelebihan garam akan dikeluarkan melalui ginjal
d. banyak minum dan kelebihan garam akan dikeluarkan melalui insang

40.Perhatikan ciri-ciri berikut :
1) Feces sangat kering
2) Menjilat kembali air bersin yang menempel di wajah
3) Memiliki punuk untuk menyimpan lemak
Hewan yang melakukan adaptasi fisiologi di atas adalah..
a. pinguin c. unta
b. komodo d. mammouth

41.Yang dimaksud dormansi adalah….
a. Rumput dalam keadaan seperti mati di musim kemarau
b. Keadaan istirahat panjang pada hewan di musim panas
c. Keadaan biji yang tidak berkecambah
d. Keadaan tidur tumbuhan di musim dingin

42.Reptil menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam tanah, adaptasi yang dilakukan sebagai berikut,kecuali…
a. Memiliki 2 jari kaki menghadap ke depan dan 2 jari kaki ke belakang
b. kulit bersisik yang tahan air (waterproof)
c. dua pasang kaki yang kuat
d. pari-paru memiliki banyak lipatan-lipatan jaringan

43.Perhatikan pernyataan berikut :
1. organisme yang dapat menyesuaikan diri terhadap alam akan lestari
2. organisme yang tidak dapat menyesuaikan diri terhadap alam akan punah
3. organisme yang dapat menyesuaikan diri terhadap alam akan punah
4. organisme yang tidak dapat menyesuaikan diri terhadap alam akan lestari
Pernyataan yang sesuai dengan proses seleksi alam adalah…
a. 1 dan 2 c. 3 dan 4
b. 2 dan 3 d. 4 dan 1

44.Bagian dari siklus makhluk hidup yang paling mudah mengalami seleksi alam terjadi pada..
a. Masa reproduksi
b. Masa pertumbuhan
c. Masaperkembangan embrio
d. Masa proses pembuahan

45.Data :
1. Harimau 3. Rusa
2. Tapir 4. Badak bercula satu
Organisme di atas yang kemampuan berkembangbiaknya rendah yaitu…
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4


sumber : 

6 komentar:

  1. Alhamdulillah makin nambah wawasan ni tentang adaptasi mahluk hidup,makasih buu^.^

    BalasHapus
  2. sama -sama clarisa sayang :-D .. dibaca2 ya nak :-D

    BalasHapus
  3. Terimakasih ibu atas pengetahuan tentang Adaptasi Makhluk hidupnya :)

    BalasHapus
  4. Terimakasih ibu atas pengetahuan tentang Adaptasi Makhluk hidupnya :)

    BalasHapus
  5. Mksh buk jadi lbh tau lgi materi tentang adaptasi😘😁

    BalasHapus

Mengenai Saya