Selasa, 24 Maret 2015

PEMANASAN GLOBAL

Selamatkan bumi kita !!!!!!!!!!!

Apa itu "Pemanasan Global " ?

Pemanasan global merupakan peningkatan temperatur global rata-rata bumi, yang pada akhirnya akan mengakibatkan perubahan iklim. Kejadian alam dan aktivitas manusia dipercayai sebagai penyebab meningkatnya temperatur rata-rata bumi tersebut.Permukaan bumi telah bertambah panas sekitar 1,1o F selama kurun waktu 100 tahun terakhir.ka Utara.

Bagaimana Terjadinya?

Permukaan bumi kita diselimuti lapisan atmosfir yang sangat tebal. Dalam lapisan atmosfir inilah seluruh makhluk hidup tinggal dan berkembang biak. Lapisan atmosfir (terutama lapisan ozon) ini berfungsi menyaring sinar-sinar yang berbahaya dari luar angkasa dan juga sebagai penghantar panas yang menyalurkan panas yang diterima bumi dari cahaya matahari dan radiasi infra merah yang berasal dari dalam bumi.


Tuhan telah menciptakan atmosfir dengan kandungan gas-gas tertentu. Atmosfir inilah yang berperan besar menciptakan iklim di permukaan bumi. Bila komponen-komponen pembentuk atmosfir ini dirubah maka akan merubah sifat-sifat penghantar panasnya. Beberapa jenis gas bersifat mengikat panas. Bila jumlah komponen gas-gas yang mengikat panas tersebut meningkat, maka akan terjadi peningkatan panas di muka bumi.

Peningkatan temperatur rata-rata bumi, umumnya disebabkan oleh efek rumah kaca dimana panas yang diterima bumi dari matahari tidak dapat dipancarkan kembali karena terperangkap oleh senyawa gas tertentu yang terdapat di udara.





Antara lain Uap Air, Carbon Dioksida, Metana, Nitrogen Oksida, Ozon, Kloroflorokarbon (CFC) dan sejumlah gas-gas lainnya. Gas-gas in biasa disebut gas rumah kaca.

Manusia berperanan besar dalam mempengaruhi tingkat pencemaran udara. Asap kendaraan, asap pabrik dan asap pembakaran pusat-pusat pembangkit listrik di kota-kota besar salah satu sumber pencemaran yang dilakukan manusia.Penebangan hutan yang tidak terkendali mengakibatkan berkurangnya sarana penyaringan udara, dan keadaan tersebut pun mengakibatkan terganggunya siklus air.
Ketika kita menonton tv, menggunakan AC, menyalakan lampu, menggunakan hair dryer, memasak makanan dengan microwave dan penggunaan listrik lainnya secara berlebihan, kita juga ikut andil dalam menambah tingkat efek rumah kaca.Kegiatan ini semua memerlukan penggunaan tenaga listrik yang umumnya dihasilkan oleh bahan bakar minyak bumi atau batu bara. Penggunaan listirk yang berlebihan memerlukan lebih banyak bahan bakar dan batu bara yang berarti lebih menambah pencemaran.Sampah yang kita buang pun dapat menambah pencemaran, karena sampah tersebut dapat menghasilkan gas metana yang merupakan salah satu gas yang dapat mengakibatkan efek rumah kaca.


tingkah laku manusia yang memicu pemanasan global
Naiknya Permukaan Laut

Akibat meningkatnya suhu permukaan bumi, maka akan dapat mempengaruhi es di kutup. Diperkirakan pada tahun 2030 permukaan air laut akan meningkat 20cm akibat mencairnya es dan mengembangnya air akibat pemanasan. Hal ini akan menenggelamkan daerah-daerah pantai dan meningkatkan kemungkinan timbulnya banjir yang parah di banyak tempat di seluruh dunia. Orang-orang yang tinggal di Asia, Mesir, Denmark, dan wilayah Asia Tenggara yang paling beresiko. Jutaan orang akan kehilangan tempat tinggalnya dan kampung halamannya. Di Inggris daerah yang paling rentan terhadap naiknya permukaan laut adalah daerah Inggris Tenggara. Banjir-banjir yang dahsat akan lebih sering terjadi di daerah ini.

















Lapisan Ozon


Menipisnya lapisan Ozon sebenarnya tidak mempengaruhi pemanasan global secara langsung. Namun akibat menipisnya lapisan ozon akan mengakibatkan semakin banyak sinar ultra violet yang masuk dan sampai ke permukaan bumi.

Sinar ultra violet yang berlebihan akan mematikan phitoplangton di laut yang berfungsi mendaur ulang gas karbondioksida seperti layaknya hutan-hutan di daratan.

Kadang kala perubahan yang kecil dapat memberi dampak yang besar. Sebagai contoh bila seseorang tidak menggosok giginya dalam satu hari tidak akan terjadi perubahan yang banyak pada giginya namun kalau ia tidak menggosok giginya selama sebulan tentunya ia dapat menderita sakit gigi. Hal yang sama dapat terjadi dengan perubahan temperatur global. Jika temperatur meningkat diatas normal dalam beberapa hari tidak akan menimbulkan masalah yang berarti. Namun jika peningkatan temperatur itu terjadi pada waktu yang panjang maka bumi akan mengalami masalah yang serius.

es yang membeku mulai mencair di sebuah sungai di Amerika 
Temperatur global rata-rata telah meningkat sekitar 1oF dalam 100 tahun terakhir. Para ahli memperkirakan temperatur global rata-rata akan naik 2-6 oF untuk 100 tahun kedepan. Kelihatannya perubahan ini tidak banyak, tapi hal ini dapatmerubah iklim bumi jauh dari seperti sebelumnya. Di puncak zaman es (18.000 tahun yang lalu) temperatur global bumi cuma 7oF lebih dingin dari keadaan sekarang dan es menutupi sebagian besar Benua Amerika Utara. 
Akibat lain adalah penyimpangan variabilitas iklim, ketika musim hujan air hujan akan lebih banyak atau bisa kurang, sebaliknya musim kemarau harusnya kurang hujan,justru hujan masih banyak. Juga awal,berakhirnya, serta periode musim hujan/kemarau sering menyimpang dari kebiasaannya.
Perubahan temperatur sekecil apapun dalam waktu yang lama dapat merubah iklim. Secara global panas akan naik dan hujan lebih banyak turun karena terjadi lebih banyak penguapan. Namun disetiap daerah akan mengalami pengaruh yang berbeda akibat perubahan iklim tersebut yang tentunya akan memberikan akibat yang berbeda pula. Diantaranya yang terparah adalah :
• Peningkatan suhu muka bumi
• Naiknya permukaan laut lebih cepat
•Gelombang udara panas dan kekeringan yang mengakibatkan berkurangnya sumber-sumber air
• Bencana-bencana alam yang dasyat seperti banjir dan erosi
potongan es yang mencair



Meningkatnya potensi terjangkitnya penyakit yang diakibatkan oleh panas dan menyebarnya penyakit menular yang disebabkan oleh serangga dan tikus di daerah-daerah yang sebelumnya tidak terdapat penyakit tersebut

• Punahnya berbagai hewan dan tumbuhan yang tidak mampu bertahan akibat perubahan iklim

• Perubahan siklus cuaca yang mempengaruhi sektor ekonomi dengan berubahnya jadwal bercocok tanam terutama di negara-negara berkembang karena belum tersedianya sarana pengairan yang baik.


Pencegahan dan Penanggulangannya
Kita semua dapat berperan dalam mencegah atau menanggulangi dampak pemanasan global. Sebenarnya penanggulangannya sederhana saja, yaitu dengan mengurangi atau menghentikan pemakaian barang- barang yang menimbulkan gas rumah kaca dan gunakanlah energi sehemat mungkin. Berikut ini adalah beberapa contoh yang dapat anda lakukan untuk menguragi dampak pemanasan global:

• Periksalah kendaraan anda secara ruting agar dapat bekerja dengan efesien dan tidak menghasilkan terlalu banyak gas-gas yang berbahaya.
• Jika memungkinkan gukakanlah sepeda atau gukakanlah kendaraan bermotor seperlunya saja.
• Matikanlah lampu atau peralatan listrik lainnya jika tidak digunakan. Peralatan ini mungkin tidak menimbulkan gas rumah kaca, tetapi pembangkit tenaga listriknya barangkali menggunakan bahan bakar yang menghasilkan gas rumah kaca.
• Lakukan daur ulang. Sampah yang tidak didaur ulang akan menumpuk dan menghasilkan gas metana; ditambah lagi barangbarang yang di daur ulang membutuhkan energi yang lebih sedikit dalam memproduksinya dari pada barang-barang yang dibuat dari awal.
• Tanamlah pohon atau tanaman lainnya sebisanya, karena pohon dapat menghirup karbondioksida dan menghasilkan oksigen.
• Janganlah membakar sampah, karena akan menghasilkan CO2.

• Penyuluhan/sosialisasi tentang akibat pemanasan global

• Pendisiplinan kesadarn masyarakat tentang penghijauan


31 komentar:

  1. Ibuk . yg aurora itu lapisan langit ya ? Besok bahas ya buk 😊 terimakasih ibuk

    BalasHapus
  2. wah, ternyata efek dari rumah kaca banyak sekali dampak negatifnya. terimakasih bu penjelasannya :)

    BalasHapus
  3. top buk isinya (y) jadi makin ngerti masalah pemanasan global

    BalasHapus
  4. terima kasih ya bu telah menjelaskan bagaimana efek dari pemanasan global

    BalasHapus
  5. terima kasih bu telah menjelaskan efek dari pemanasan global, jadi bertambah lagi ilmu saya

    BalasHapus
  6. makaasih buk ya dengan begini saya susuah baca buku lagi bisa lansung lihat di blok ibu

    BalasHapus
  7. buk makasih ya dengan begini saya ngak susah lagi baca buku bisa baca di blok ibu langsung

    BalasHapus
  8. Buk kalo menggunakan parfum berlebihan dapat mengakibatkan Pemanasan
    Global juga gak buk?

    BalasHapus
  9. Keren bu , animasinya bikin makin menarik 👍👍👍👍👍

    BalasHapus
  10. Bagus bu isinya, jadi begitu y bu tentang pemanasa global, jadi saya ngerti skrg bu, makasih ibu (y) ;)

    BalasHapus
  11. makasih bu postingannya menarik :)

    BalasHapus
  12. trima kasih buk skarang saya mnjadi lebih paham tentang pemanasan global

    BalasHapus
  13. trima kasih buk skarang saya mnjadi lebih paham tentang pemanasan global

    BalasHapus
  14. Materinya bagus buk gambarnya juga sangat menarik

    BalasHapus
  15. Makasih ibu penjelasannya:) rupanya efeknya sngt berbahaya

    BalasHapus
  16. Materinya bagus bu apalagi gambar"nya menarik sekali,the best lah buat bu intan :*

    BalasHapus
  17. Ayoo!. sama-sama kita selamatkan bumi kita.

    BalasHapus
  18. ibu gambarnya sangat bagus, materinya sangat menarik dan dapat mempermudahkan pembelajaran saya di blog
    (TERIMAKASIH ya ibu intan yg cantik dan baik-_-:D) pokoknya kerenn...???

    BalasHapus
  19. ibu gambarnya sangat bagus, materinya sangat menarik dan dapat mempermudahkan pembelajaran saya di blog
    (TERIMAKASIH ya ibu intan yg cantik dan baik-_-:D) pokoknya kerenn...???

    BalasHapus
  20. ibu gambarnya sangat bagus, materinya sangat menarik dan dapat mempermudahkan pembelajaran saya di blog
    (TERIMAKASIH ya ibu intan yg cantik dan baik-_-:D) pokoknya kerenn...???

    BalasHapus
  21. makasih ibu Teoriny

    BalasHapus

Mengenai Saya